Friday 24 November 2017

Tips Menulis Artikel Di UC News Agar Tidak Membosankan Dari Hardimen Koto

Tips Bung Hardimen: Apakah Artikel Kamu Membosankan?

Artikel olahraga yang membosankan adalah artikel yang sangat buruk. Bukannya mempertinggi minat membaca orang, malah justru memadamkannya.

Ya, masih banyak memang artikel-artikel olahraga membosankan yang bertebaran di UC News. Ingat, menjadi penulis We-Media yang sukses bukan berarti hanya sering-sering posting artikel. Kalau artikel dan judul Anda tidak menarik, seketika artikel Anda menjadi sia-sia. Di UC, banyak artikel olahraga yang tidak berkarakter, isinya tak lebih dari sebuah berita contekan dari media online. Modalnya hanya copy-paste-edit berita media online.
Artikel seperti itu, jujur saja, seperti dibuat oleh robot-- bukan manusia.
Sungguh membosankan.

Anda tidak mau kan disangka robot yang hobi spam berita? Kalau tidak mau disamakan dengan robot, tentunya Anda harus juga menyertakan pengayaan isi, minimal pendapat atau review pribadi. Yang diinginkan di We-media adalah konten yang 100% orisinil, meskipun konten itu didapat dari meriset berbagai artikel atau berita. Jangan lupa untuk mengemasnya dengan judul yang menarik.

Coba Anda buka daftar artikel Anda sendiri, lalu tanyalah pada diri sendiri: “Jika saya jadi pembaca, berapa judul artikel ini yang bakal saya klik?”


Lalu, coba Anda baca-baca lagi artikel-artikel Anda tersebut. Apakah Anda punya artikel yang isinya menarik? Rumor transfer pemain? Opini dan ulasan yang mendalam? Atau justru hanya punya artikel membosankan yang isinya cuma rekapitulasi hasil pertandingan dan Anda beri judul “Hasil Lengkap Premier League Pekan 15”?

Kalau ide Anda mentok, ini saya berikan contoh judul-judul artikel menarik penulis-penulis We-Media bulan ini yang isinya pun sangat berkualitas:
1.Catalunya Merdeka, FC Barcelona Tinggal Sejarah! – adrieedu
2.Maaf Pep, Kali Ini Anda Memalukan – Yus Abdi
3.Bedah Taktik #12: Kebodohan Klopp atau Kecerdasan Mourinho? – Dior Asning Kosyu
4. Andai Tidak Pecah, Yugoslavia (Mungkin) Bisa Jadi yang Terbaik di Eropa bahkan Dunia – Bangku Penonton
5.Egy Maulana Vikri dan Pilihan Mengejutkan The Guardian – Hardimen Koto
6.Ketika Egy Bikin Luis Milla dan Indra Sjafri Bersitegang – Curva Sud
7.Kebobrokan Rossi dan Vinales Murni Kesalahan Tim Mekanik – Ahmad Phytagoras
8.Ederson, Mata Rantai yang Hilang dari Revolusi Guardiola – Yus Abdi
9.5 Calon Bintang Masa Depan Sepakbola Didikan Akademi Manchester United – Rafandra
10.5 Pemain Yang Harus Segera Dipulangkan Chelsea Dari Masa Pinjaman – Rafandra

Coba perhatikan, judul-judul tersebut bikin penasaran dan menyentuh rasa keingintahuan penggemar sepakbola, kan?Selain itu, saya juga akan kasih ide, hal-hal apa yang bisa Anda jadikan sebuah artikel yang menarik untuk pembaca:

1. Listicle dan rankingSetiap tulisan berisi daftar (listicle) dan ranking pemain, pasti akan diburu pembaca. Artikel jenis ini biasanya diburu karena merangkum banyak informasi dalam satu tulisan yang mudah dimengerti. Artikel jenis ini juga akan memancing pembaca untuk memberikan komentar, meskipun isi komentarnya cuma ocehan bodoh. Tapi santai lah, itu berarti artikel Anda interaktif.

2. “Bagaimana Jika”Artikel yang saya maksud adalah artikel pengAndaian. Namun, bukan sembarang pengAndaian melainkan didasarkan pada data dan informasi. Artikel seperti ini dijamin bakal memuaskan para penggemar sepakbola. Mereka sangat tertarik dengan artikel yang berisi analisis sebuah tim. Berikan mereka analisis : jika tim X begini, maka akan begitu. Bukan hanya : apa yang sedang terjadi pada tim X sekarang.
Misal:
*Bagaimana Jika MU Membeli Mesut Ozil?
*Bagaimana Jika MU Menendang Jose Mourinho?
*Bagaimana Jika MU Ganti Formasi 3-5-2?
*Bagaimana Jika MU Menjual Ibrahimovic?
Haruskah MU Menjadikan Ryan Giggs Pelatih Kepala?
Topik-topik itu bakal dan sudah saya garap menjadi sebuah artikel untuk We-Media. Biasanya, banyak sekali komentar di artikel saya yang macam begini.

3. “Harusnya”Ini juga artikel pengAndaian, namun kata yang digunakan jauh lebih “strong” dan tegas dibanding “bagaimana jika”.
Misal:
*MU Harusnya Beli Mesut Ozil
*Jose Mourinho Harusnya Dipecat
*MU Harusnya Bermain Menyerang
Kalau memang Anda punya pemikiran tentang sebuah peristiwa atau sebuah tim, jangan ragu-ragu sampaikan dengan tegas. Jangan lupa, berikan pula kata-kata penegasan di kolom komentar Anda untuk memancing reaksi pembaca. Makin tinggi interaksi yang bisa Anda buat, itu membuat Anda semakin populer di UC News.

4. Rating Peristiwa di OlahragaIni artikel gaya baru yang belum banyak digarap orang lain lho. Bayangkan sebuah pertandingan, misalnya Manchester United melawan sebuah tim. Dari pertandingan itu, soroti highlight-highlight pertandingan. Misalnya, Mourihno menangis, Rashford mencetak gol, wasit lalai kasih kartu kuning, dan fans yang menyalakan flare. Beri rating pada Mourinho (misal satu atau lima bintang), Rashford, wasit, bahkan fans. Berikan alasan mengapa Anda memberikan rating tersebut.Bisa juga Anda memberikan rating pada peristiwa transfer pemain atau pemecatan pelatih. Berani coba?

5. Pendapat/OpiniTidak ada patokan buat opini atau pendapat yang harus Anda sampaikan karena setiap orang punya gaya menulis yang berbeda-beda. Jangan sampai Anda lupa menyertakan opini Anda dalam artikel yang Anda tulis. Satu yang harus diingat, bangunlah opini di atas data dan informasi, jangan asal-asalan!
***
Konten artikel Anda harusnya merupakan racikan dari 80% berita panas bersama opini Anda, 10% sisi entertainment, dan 10% rekapitulasi atau preview pertandingan. Kalau cuma preview dan rekapitulasi pertandingan saja, artikel Anda MEMBOSANKAN. Pembaca bisa mendapatkan dua hal itu di mana saja, tidak harus baca artikel Anda. Beri pembaca ide-ide segar. Ingat, Anda BUKAN ROBOT, Anda BERKARAKTER. Tunjukan hal tersebut di artikel Anda!

Salam Olahraga dan Selamat Berkaya,
Hardimen Koto
Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment