Friday 1 July 2016

Hati2 Modus Meraup Keuntungan SPBU Saat Mudik Lebaran : Jangan Isi Full Tank


Lebaran atau hari raya Idul Fitri selalu identik dengan yang namanya mudik.  Dan masyarakat perantauan biasanya akan banyak yg menggunakan kendaraan pribadi untuk tradisi tahunan tersebut, pada umumnya banyak yang menggunakan sepeda motor.
Sebagai orang yang biasa mudik pake motor tiap tahun ane mau berbagi pengalaman dan ngasih tips dikit nih. Bukan tips tentang safety riding atau sebagainya tapi tips ngisi bensin!! , yaps ga salah gan,  ane mau berbagi pengalaman dan tips setelah ane berkali2 mudik pake motor.
Biasa saat mudik lebaran yang namanya SPBU itu ramenya gila banget,  ngantrinya bisa panjang kaya uler yang lagi ngantri dapat sembako gratis hehe kebayang kan gimana panjangnya. Bahkan dulu ane pernah ngantri ampe 1,5 jam gan.  Waktu itu posisi bensin di tank udah bener2 limit abis jadi ya mau ga mau mesti setia mengantri walaupun mesti berjam2. Dan setahu ane selama ini ngisi bensin di SPBU saat lebaran pasti kebanyakan orang bakalan bilang ke petugasnya suruh isi fulltank. Ya mungkin karena biar ga bentar2 minggir ngisi bensin aja.
Ya ga salah sih gan kalau mau isi full tank disamping biar ga bentar2 ngisi bensin juga menghemat waktu kalau kita harus bentar2 ngantri juga.  TAPI ini yang bakalan ane bahas, yaitu masalah isi bensin full tank.  Dari pantauan ane selama bertahun2 mudik pake motor ane selalu menemukan fenomena pembulatan harga massal..  Hehe karena kayaknya hampir semua pom bensin melakukannya sih selama mudik lebaran ( mungkin juga hari lainnya ). 

Maksudnya gini deh ane jelasin,  biasanya kalau kita ngisi bensin full tank pasti nilai nominal rupiahnya bakalan ga pas alias ganjil2 gitu kan? karena ya kalau dirasa udah full tuh petugas bakalan menyetop selang dispenser bensinnya walaupun angkanya mungkin ga genep , walaupun akhirnya kita bayarnya mesti digenepin juga.
Ya disini lah letak dimana pom bensin meraup keuntungan dari selisih pengisian tersebut.  Angkanya beragam mulai dari 100 rupiah ampe 1000. Tapi biasanya saat lebaran kita pasti ga bakalan mempermasalahkan duit selisih receh gitu deh,  ya gengsi donk duit banyak abis dapat THR masa iya ngributin duit recehan..  Hehe
Ane sering liat biasanya mau selisihnya berapun pasti bakal dibuletinnya ke angka ribuan.  Contohnya angkanya 22.560 dibuletin jadi 23.000, atau kalau selisihnya 100 perak pun kayak 22.100 pasti kita suruh bayarnya 23.000 juga. Bahkan ane pernah dan sering menyaksikan oknum2 pom bensin nakal yang memanfaatkan situasi pengisi bensin yang meleng dan ga memperhatikan angkanya, jadi ga tahu tuh angka berhenti di angka berapa,  dan yang terjadi harganya dibuletin dengan selisih ribuan.  Sebagai contoh barusan ane baru ngisi bensin di Karawang dan depan ane bilang ke petugasnya isi full,  dan angka yg tertera di dispenser itu 12.680, dan tahu berapa yang dibilang petugasnya saat tuh orang nanya ? ( karena meleng jadi ga tahu angkanya berhenti di angka berapa). Tuh petugas dengan entengnya bilang 15.000 , waduh busyet banyak amat nilepnya.  Lah coba itung aja tuh kalau setiap orang katakanlah diambil keuntungan 500 perak ampe 1000 dikali aja berapa puluh ribu pemudik yang isi bensin fulltank angkanya udah lumayan tuh.
Yah kita mungkin sadar akan hal itu tapi kayaknya selama ini ga banyak bahkan ga ada yg protes tentang masalah tersebut,  padahal kayak masalah receh kembalian di minimarket banyak tuh yang ngeributin, bahkan ampe jadi perbincangan banyak orang di internet. 
Jadi harusnya masalah pembulatan nilai di pom bensin ini harus diperhatikan juga.  Karena ini juga menyangkut kerugian konsumen nih. 
Tips ane sih yang biasa ane lakukan sebenarnya simple aja biar kita ga dirugiin,  yaitu isilah bensin dengan nominal yang pas contohnya bilang aja isi 25.000 atau 30.000 dan jangan bilang full tank.
Jadi kita bakal terima bensin ya sesuai dengan duit yg kita bayar,  tapi dengan catatan agan mesti bisa ngira dulu nih isi tanknya ngeluber ga kalau diisi segitu. 
Ya segitu aja dulu deh cerita dan tips dari ane,  semoga kedepannya makin banyak orang yg memperhatikan masalah ini biar ga banyak lagi orang yang dirugikan.
OK deh ane mau lanjut lagi nih buat capcus mudiknya,  soalnya perjalanan masih jauh...  Hehe
Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment