Wednesday 3 January 2018

Cara Merubah Font TTF (Xiaomi) Menjadi TXJ Untuk Hape Vivo



Buat teman-teman pengguna Smarthphone pasti selalu ingin smartphone nya menarik dan tampil beda dari yang lain, biasanya banyak yang merubah tampilannya seperti Thema, Wallpaper dan juga Font nya.

Sebelumnya ane udah share Thema untuk Hape Vivo Y21 DISINI, kali ini ane bakal bahas tentang Font. Dimana Font atau Huruf di Smatphone itu juga sangat penting untuk membuat smartphone lebih bagus.
Untuk smartphone Vivo sendiri untuk font nya adalah berformat TXJ, dan sebenarnya kalau boleh dibilang agak susah mencari file Font dalam format TXJ di internet, kecuali kalau ada yang Share di Group Komunitas Vivo.
Dan biasanya sih yang beredar banyak dan mudah ditemukan itu font berformat TTF yang mana itu digunakan untuk Hape Xiaomi.

Lahh kali ini ane bakalan kasih tahu bagaimana caranya biar Font yang berformat TTF untuk Xiaomi bisa di ubah menjadi file TXJ agar bisa digunakan di Hape Vivo agan- agan.

Yang perlu disiapkan bahan-bahannya yaitu 






1. Font berformat TTF yang mau di ubah ke TXJ , kalau belum ada bisa Download DISINI, ane sediain ribuan font berformat TTF, bisa dipilih pilih deh ampe mabok ... hehe


2. Aplikasi X-Plore , kalau yang belum punya bisa download di Playstore. Atau bisa Download DISINI
3. Tekad, Niat dan Fokus .... hahahaha kalau ini di skip aja deh , karena kalau kalian buka artikel ini dan udah sampai tulisan ini bacanya berarti kalian emang udah punya Tekad, Niat dan Fokus buat bisa merubah font TTF menjadi TXJ.

OK ga perlu lama2, sekarang inilah langkah - langkah nya ;

1. Sebelumnya kita ambil ( copy ) file Font Default berformat TXJ ( font bawaan Hape ). Lokasinya ada di Penyimpanan Telepon - Download - I Thema - Font , copy font mana aja di folder yang agan mau, kita ambil aja yang fontfive.txj.

2. Setelah font default ( fontfive.txj ) di copy, kemudian file copyan tersebut diubah ke format ZIP. Caranya tinggal rename dan menjadi fontfive.txj.zip. 

3. Kalau sudah kita tinggal pilih font berformat TTF yang mau diubah ke TXJ. Kemudian kita copy dan masukan ke dalam folder fontfive.txj.zip tadi. Kita ambil contoh font ARIZONA.TTF.

4. Kemudian font ARIZONA.TTF tersebut agan copy ke dalam folder fontfive.txj.zip
5. Didalam folder fontfive.txj.zip ada 3 file yaitu preview.jpg , thumbs.jpg dan 123.xml. Kemudian kita edit isi di dalam file 123.xml.

Edit pada name, file, author dan id sesuai dengan nama file TTF nya yaitu ARIZONA.TTF.
Lebih jelasnya bisa cek diketerangan gambar dibawah ini ;

Edit Menjadi



Setelah semua diedit sesuai diketerangan gambar diatas, kemudia rubah nama 123.xml menjadi ARIZONA.xml.

6. Dan yang terakhir adalah rubah nama folder/file fontfive.txj.zip menjadi ARIZONA.txj  (hapus tulisan .zip nya )

7. Cek di folder tempat ARIZONA.txj disimpan lalu tinggal kita terapkan.
8. Agar bisa muncul di folder pengaturan Font , tinggal pindahkan file tersebut ke dalam Folder Download - I Thema - Font.

9. OK Segitu aja gan, semoga membantu ...

Dan untuk yang masih bingung dengan uraian cara2 diatas bisa langsung cek aja cara-caranya di Video dibawah ini.






4 comments: