Monday 26 January 2015

Band Baru New Syclone Copy Paste ( Jiplak ) Lagu Band Legendaris Shifter Band





Ini adalah artikel ane yang pernah ane post disekitar bulan Januari 2013 mengenai sebuah band baru asal Pelabuhan Ratu yang ternyata lagunya hasil copy paste dari band favorite ane di tahun 2000 an, dan artikel ini sempat menjadi referensi pihak Shifter Band terutama Bang Bodink selaku pemilik lagu ini untuk mensomasi band baru ini. 

Awal kehebohan artikel ane bermula dari kutipan seorang blogger yang dimuat di Liputan6.com 
dan juga pernah ane post juga dibeberapa media forum seperti di

Kaskus

http://www.kaskus.co.id/thread/51b7cf8a1cd7191a4b00000d/lagu-new-syclon-hidupku-sepi-tanpamu-amp-lagu-shifter-band-kaulah-nafasku-mirip-ata

Kompasiana

http://hiburan.kompasiana.com/musik/2013/01/27/-lagu-new-syclon-hidupku-sepi-tanpamu-lagu-shifter-band-kaulah-nafasku-mirip-atau-menjiplak--523167.html


Berikut beberapa artikel ane seputar penjiplakan band baru ini :

Lagu New Syclon “Hidupku Sepi Tanpamu” & Lagu Shifter Band “Kaulah Nafasku” Mirip Atau MENJIPLAK ???



pizap.com13592179743122




Beberapa hari yang lalu saya ga sengaja liat sebuah video klip diputar di acara musik disalah satu stasiun swasta ( Klik Antv ). Video klip itu milik band pendatang baru yang punya title New Syclon dan lagunya berjudul " Hidupku Sepi Tanpamu" . Awalnya sih saya ga begitu memperhatikan lagu tersebut tapi tiba-tiba saya penasaran juga saat mendengar reff lagu tersebut karena ada sedikit yang mengganjal dan membuat saya terus memperhatikan lagu tersebut sampai selesai. Rasa penasaran yang mengganjal itu bukan disebabkan karna musik atau video klipnya ( yang emang kebetulan vocalisnya cakep..hehe.. ) tapi rasa yang mengganjal ituada  di liriknya. Karena saya merasa lirik lagu "Hidupku Sepi Tanpamu " ini benar-benar mirip dengan lagu band kesukaan saya dari jaman SMA dulu yaitu Shifter Band yang berjudul "Kaulah Nafasku".
Akhirnya sayapun mulai browsing mencari tahu informasi seputar lagu tersebut. Dan saya temukan fan page milik band New Syclon di facebook, dan sayapun mulai mencari konfirmasi seputar lagu tersebut yang saya akui hampir 95 % mirip dengan lagu milik Shifter Band. Dalam hati saya sebenarnya sudah menebak pastinya band tersebut tidak akan mengakui kalau lagu tersebut adalah hasil jiplakan. Bahkan dari pihak admin FP New Syclon dengan santainya menjawab kalau mereka tidak mengetahui tentang lagu Shifter yang berjudul "Kaulah Nafasku" . Wah saya jadi semakin penasaran aja nih jadinya buat mencecar mereka dengan pernyataan-pernyataan seputar lagu mereka. Dan akhirnya saya dapat jawaban kalau (katanya) gitaris mereka yang bernama Aris lah yang mengarang tersebut. Dan dengan pede nya mereka mengatakan lagu tersebut sudah di ciptakan sudah lama yaitu saat sang gitaris duduk dibangku SMP sekitar tahun 2004.
OK deh mereka mungkin tidak mengakui kalau lagu itu hasil jiplakan tapi disini saya akan mengupasnya, dan kita nantinya akan bisa menilai lagu "Hidupku Sepi Tanpamu" milik New Syclon ini MENJIPLAK lagu Shifter "Kaulah Nafasku" atau tidak.
*INFORMASI SEPUTAR SHIFTER BAND


Awalnya band ini bernama Postteraphy yang terbentuk sekitar tahun 1998-1999 yang dimotori oleh vocalisnya Bodink, dan menelurkan album bertitle "Taman" . Setelah sekian lama bergerak dijalur Indie mereka akhirnya dikontrak oleh label rekaman dan berganti nama menjadi SHIFTER dan mereka menelurkan 3 album yaitu " USIA DINI" (2001) - "YANG TERSEMBUNYI NAMUN NYATA" (2002) dan "BERHARAP" (2009).  Dan terakhir saya mendapat info band Shifter sudah berganti nama menjadi DISADA.
Band ini memang tak setenar band-band papan atas pada masa itu seperti Padi atau Sheila On 7 tapi lagu-lagunya banyak beredar di radio-radio dan merajai tangga lagu di banyak radio di Indonesia.
xftpy
Dan lagu "Kaulah Nafasku" itu ada di album " YANG TERSEMBUNYI NAMUN NYATA" yang dirilis tahun 2002. Informasinya bisa di check di sini http://sinau4blog.wordpress.com/2010/08/26/discography-of-shifter-band/
Jadi saya membuat artikel ini bukan tanpa alasan ataupun bukti karna lagu "Kaulah Nafasku" sudah ada sejak tahun 2002 sementara New Syclon mengatakan kalau lagu tersebut dibuat tahun 2004 yang mungkin saat itu New Syclon sendiri belum terbentuk ( karna saya sendiri ga tahu New Syclon terbentuk tahun berapa).
*PERBANDINGAN
Sebelumnya kita lihat dulu videonya dan dengarkan lagunya
Berikut lagu milik  Shifter "Kaulah Nafasku"



Lagu tersebut memang tidak ada video klipnya, karena lagu Shifter Band  yang sudah ada video klipnya itu hanya lagu "Luka"
Sekarang kita dengarkan lagu milik New Syclon "Hidupku Sepi Tanpamu"



*LIRIK
Ini adalah lirik lagu "Kaulah Nafasku" milik Shifter Band.
Pernah terlintas di dalam hariku
Untuk pergi jauh tinggalkan dirimu
Pernah terlukis dalam batinku
Mencoba membunuh semua rasa ini
Reff :
Namun ku akui hidupku sepi tampamu
Dan tak ingin ku terpisah denganmu
Karna kaulah nafasku
Kucinta dirimu kubenci hadirmu
Yang slalu runtuhkan teguhnya janjiku
Mengapa kita mesti begini
Satu rasa harus terapung disini
Back To Reff
Kucinta dirimu lebih dari yang kau tahu
Meskipun ku perih bila kau ada disisiku
Dimanakah kini kau tempatkan aku melati
Diriku ingin diakui...
Back To Reff
Dan Ini Lirik Lagu "Hidupku Sepi Tanpamu" milik New Syclon
Pernah terlintas dalam hidupku
Untuk pergi jauh melupakanmu
Dalam batinku pernah terlukis
Mencoba membunuh smua rasa ini
Kucinta dirimu, kubenci hadirmu
Yg slalu runtuhkan teguhnya janjiku
Mengapa kita? Meski begini satu rasa harus terapung disini
Reff :
Namunku akui hidupku sepi tanpamu
Dan tak ingin ku berpisah denganmu. 2x
Apakah anda sudah menemukan persamaan dan perbedaanya?
saya sengaja mewarnai beberapa kata di lirik lagu "Hidupku Sepi Tanpamu" dengan warna yang berbeda itu agar kita bisa melihat dimana letak perbedaan dan persamaannya. Kata di baris pertama dan kedua yang saya beri warna merah itu menandakan kalau ada kata yang dirubah dari lirik "Kaulah Nafasku" dan yang saya beri tanda warna biru itu menandakan kalau kata dibait tersebut tidak dirubah kata-katanya tapi hanya diubah posisinya ( dibalik ) saja. Dan mungkin pembeda lagu "Kaulah Nafasku" dan "Hidupku Sepi Tanpamu" itu ada dikata-kata akhir reff yaitu dimana kalau dilagu "Kaulah Nafasku" ada kata-kata "...karna kaulah nafasku" sementara dilagu "Hidupku Sepi Tanpamu" kata-kata tersebut dihilangkan. Ya pastinya alasan dihilangkan kata-kata tersebut itu adalah untuk mengaburkan dan membuat seakan-akan lagu ini tidak menjiplak, soalnya kata-kata "...karna kaulah nafasku" di lagu milik Shifter tersebut pastinya sangat identik dengan lagu milik Shifter ini dan akan memunculkan opini penikmat musik kalau lagu itu pasti hasil jiplakan dari lagu Shifter karna memang lagu tersebut bertitle "Kaulah Nafasku" .
*PRESENTASE PERSAMAAN
Setelah melihat lirik kedua lagu tersebut diatas maka akan terlihat jelas dimana letak kemiripannya yang saya akui hampir 95 % mirip.
Kita lihat dilirik "Kaulah Nafasku" milik Shifter itu terdiri dari 15 Baris Bait yang jumlah kata-katanya ada 77 kata. Sementara itu lagu "Hidupku Sepi Tanpamu" itu terdiri dari 12 Baris Bait dan ada 62 kata.
*KESIMPULAN
Dilirik lagu "Hidupku Sepi tanpamu"  dapat dilihat ada 3 bait awal yang sedikit berbeda dengan lagu "Kaulah Nafasku", yaitu adanya kata-kata improve dan perubahan posisi kata.
  • Dimana dibait awal kata kata "hariku" yang ada dilirik lagu "Kaulah Nafasku" diganti menjadi "hidupku"
  • Dibaris kedua kata "tinggalkan dirimu" diubah menjadi "melupakanmu"
  • Dibaris Ketiga posisi katanya diubah yaitu kalau di lagu "Kaulah Nafasku" itu berbunyi Pernah terlukis dalam batinku menjadi Dalam batinku pernah terlukis di lagu "Hidupku sepi tanpamu"
  • Dibagian Reff kata " karna kaulah nafasku" di hapus
  • Dua baris terakhir lagu "Kaulah Nafasku" juga dihapus
  • Dari 12 Bait di lagu "Hidupku Sepi Tanpamu" 9 Baris bait sama persis dan 2 Bait awal berbeda dikata2 terakhir (improve) dan 1 Bait diubah posisi kata-katanya
  • Dari total 62 kata lagu "Hidupku Sepi Tanpamu" sebanyak 59 kata (urutan kata) sama persis dengan lagu "Kaulah Nafasku" kalau dalam prosentase itu sekitar 95,161 %
  • Urutan Bait dibuat acak yaitu dimana Reff yang ada di tengah diubah menjadi di terakhir
Setelah melihat penjelasan diatas anda bisa menyimpulkan sendiri apakah lagu "Hidupku Sepi tanpamu" milik New Syclone itu MENJIPLAK atau SEKEDAR MIRIP dengan lagu "Kaulah Nafasku" milik Shifter Band.
untitled2
Kalau dibilang itu karna unsur ketidak sengajaan dan murni hasil karya sendri tanpa adanya unsur terinfluens ( karna mereka mengaku tidak pernah mendengar lagu Kaulah Nafasku) itu sepertinya tidak mungkin karna kalau tidak sengaja pasti unsur kesamaannya tidak akan mencapai 9 Bait dan 59 urutan kata.
*PESAN
untitled
Dan sebenarnya tujuan dari pembuatan artikel ini bukan untuk menjugde atau menjatuhkan New Syclon tapi ini hanya sebagai kritikan saja agar lebih peka saat membuat karya. Sebuah kreatifitas memang perlu dihargai wlaupun sekecil apapun itu, dapat kita contohkan musisi sebesar Ahmad Dhani pun bersedia membayar sebuah lagu dari seseorang walaupun lagu tersebut liriknya hanya "neng neng nong neng" saja.
Secara keseluruhan saya akui saya tidak merasa tidak suka atau bahkan membenci New Syclon karna sudah membuat artikel ini, karena saya menghargai karya / lagu-lagu kalian kecuali yang satu ini. Karena sebagai penikmat musik dan penggemar lagu2 Shifter band saya merasa sedikit terganggu dengan adanya lagu "Hidupku Sepi Tanpamu" yang saya akui sangat mirip dengan lagu milik Shifter Band "Kaulah Nafasku".
So, untuk kedepan mungkin seharusnya New Syclon bisa lebih menghargai karya orang lain dan bisa lebih peka lagi terhadap perkembangan musik di masa lampau.
Dan dari pernyatan2 New Syclon di Facebook saya hanya ingin mengatakan kalau seharusnya anda tahu visi misi dalam bermusik bagi anda itu apa? apakah hanya untuk ketenaran dan uang semata atau untuk memberikan karya terbaik anda untuk menghibur masyarakat.
Kalau hanya untuk ketenaran dan uang saya mungkin akan sedikit maklum kalau akhirnya anda mencoba memplagiat sebuah lagu orang lain ( karna liriknya memang bagus ). Tapi kalau untuk alasan lainnya saya hanya berpesan hargailah karya orang lain jangan seenaknya menjiplak dan mengubah nada serta judul lagu orang lain dan diakui menjadi karya anda.
Semoga artikel ini juga bisa memberi pencerahan kepada pihak2 yang merasa tidak terima dengan tuduhan saya.
Terima Kasih

sudah ane post disini 
https://toelank.wordpress.com/2013/01/27/lagu-new-syclon-hidupku-sepi-tanpamu-lagu-shifter-band-kaulah-nafasku-mirip-atau-menjiplak/


Dan ini Artikel lanjutannya gan sekitar setahun setelah ane posting artikel diatas ;



Shifter Vs New Syclon , Gimana Hasilnya ???? Mengenang Kembali Siapa Itu Shifter Band



1238208_10200490870948522_1765628709_n
Sudah hampir mau setahun nih setelah saya menulis artikel tentang penjiplakan lagu Hidupku Sepi Tanpamu milik New Syclon atas lagu Kaulah Nafasku milik Shifter Band, tapi belum ada kabar kejelasannya gimana akhirnya.
Sebelumnya sih udah ada beberapa kabar kalau pihak Shifter Band melayangkan somasi ke New Syclon, tapi sampai sekarangpun ga jelas gimana hasilnya.
Lagu Dijiplak, Shifter Akan Tuntut New Syclon Rp 1 Miliar
http://showbiz.liputan6.com/read/654643/lagu-dijiplak-shifter-akan-tuntut-new-syclon-rp-1-miliar
Diduga jilplak 'Kaulah Nafasku', Shifter somasi New Syclon
http://www.merdeka.com/artis/diduga-jilplak-kaulah-nafasku-shifter-somasi-new-syclon.html
Bajak Lagu, Nilai Tuntutan Shifter kepada New Syclon Rp1 M
http://music.okezone.com/read/2013/07/31/386/845406/bajak-lagu-nilai-tuntutan-shifter-kepada-new-syclon-rp1-m
Ini foto waktu pihak Shifter berdiskusi dengan New Syclon yang saya ambil dari facebooknya Bang Bodink ( eks Vocalis Shifter & Pengarang Lagu " Kaulah Nafasku )

1255153_10201193969043176_1892548936_nBang Bodink sama kuasa hukumnya Ramdan Alamsyah ( Kiri ) & Personil New Syclon ( Kanan )
Terlepas dari hasilnya gimana buat saya sih ga mempermasalahkan karena itu urusannya pihak Shifter & New Syclon, disini saya cuma memberi informasi saja. Dan itu salah satu bentuk kecintaan saya terhadap musik2 lama khususnya untuk era 90 - 2000 an.
Mungkin yang akan saya bahas di artikel ini itu adalah efek atau respon publik khususnya penggemar New Syclon setelah beredar artikel saya tersebut.
Ada yang merespon positif tapi banyak juga yang negatif, bahkan ada juga yang mengajak berdebat dengan saya di facebook ataupun twitter, walaupun mereka ga bisa ngasih jawaban yang jelas selain kata2 kasar & yang paling bikin gedeg yaitu menghina Shifter Band. Wah ... saya sih memaklumi aja, soalnya banyak dari mereka mungkin adalah generasi2 anak2 jaman sekarang yang mungkin pada saat lagu Shifter "Kaulah Nafasku" booming di radio mereka belum tahu apa2 alias masih ingusan ... hehe
Salah satunya ada juga komen2 yang bikin saya ngakak, seperti komen dibawah ini ...
BeFunky_Bego.jpgHahaha saya sih cuma ketawa aja, kok ada yah orang yang pede abis kaya mereka . Padahal kalau mereka emang netter pasti tinggal search aja di google tentang Shifter Band pasti ketahuan deh Shifter itu band tahun kapan.
Ada juga komen yang kayak gini ...
BeFunky_totol.jpgwaduh mba kayaknya baru bangun tidur yah ... hehe koq bisa ampe ga tahu kalau lagu Kaulah Nafasku udah masuk rekaman lebih dari 10 tahun yang lalu loh..
 Atau mungkin yang ngotot & nyolot kaya gini ...goblog
goblog 2
Dan saya baru tahu ternyata yang tweet war ama saya itu adalah Intan Sariyem yang ternyata penyiar radio & penyanyi dangdut ( katanya tahu musik & malah ampe jadi penyiar radio  koq bisa ga tahu Shifter ... haduh kemana aja neng dari dulu ?? ) kalau dilihat dari umurnya sih saya wajarin mungkin tahun 99 - 2000 dia belum gaul kali .. apa jangan2 masih ingusan juga ... wkwkwk
Kalau ada yang belum tahu nih profil Shifter Band beserta discography album2 mereka ...
Awalnya band ini bernama Postteraphy yang terbentuk sekitar tahun 1998-1999 yang dimotori oleh vocalisnya Bodink, dan menelurkan album bertitle “Taman” . Setelah sekian lama bergerak dijalur Indie mereka akhirnya dikontrak oleh label rekaman dan berganti nama menjadi SHIFTER dan mereka menelurkan 3 album yaitu ” USIA DINI” (2001) – “YANG TERSEMBUNYI NAMUN NYATA” (2002) dan “BERHARAP” (2009). .
Anggota Band : Agustian Irawan atau Boding (vokal), Agung Winarto (gitar), Buddy Rahayu (bas), dan Alle Sudrajad (dram).

SHIFTER (Discography)

01. SHIFTER _ Usia Dini (2001)
Shifter - Usia Dini (2001)
Label: Big Music
Track List
1. 2nd
2. Yang Terbaik
3. Luka
4. Sebuah Arti
5. Harusnya Kumiliki
6. Usia Dini
7. Sssst..Sst
8. Bukan Untukmu
9. Beri Aku Waktu
10. Renjana
11. Rekonsiliasi
02. SHIFTER _ Yang Tersembunyi Namun Nyata (2002)

Label: Big Music
Track List
1. Ikrar
2. Kau Lah Nafasku
3. Lagu Untuk Mentari
4. Tak Kan Mungkin Aku Kembali
5. Tak Tersentuh
6. Terlalu Jauh
7. Arimbi
8. Kuingin Engkau Tahu
9. Dilema
10. Sungguh
11. Cinta Tak Pernah Salah
03. SHIFTER _ Reborn (2009)
Track List
1. Berharap
2. Sumpah !!!
3. Kau Bunuh Aku
4. Hidupku Ada Di Sela Hatimu
5. Mau Sama kamu
Dan ini beberapa hitsnya Shifter Band
LUKA


YANG TERBAIK



KAULAH NAFASKU

RENJANA



SHIFTER DITINGGAL PERSONILNYA
Ditahun 2004 para personil Shifter meninggalkan band itu(Bodink,Ale dan Buddy) yang akhirnya mereka sepakat untuk membangun lagi band baru, yaitu "Disada" sekitar tahun 2004... anggotanya sebagian besar mantan "Shifter".....
Selain Disada , sang Vocalist Bodink juga sempat membentuk band lagi seperti Tiga Belaz & yang terbaru yaitu Dunia Kedua.
Sementara untuk Shifter sendiri sekarang masih eksis dengan Agung sang Gitaris yang sekarang menyandang status sebagai Vocalistnya.
857996_2842812927616_994241262_o
Personil Baru Shifter
Donny ( Gitar ), Ricky ( Drum ), Agung (Gitar + Vocal ), Rahman ( Bass ) dan M. Nizar Ayubi ( Gitar ).
Kalian bisa check Facebooknya DISINI
Dan ini salah satu hits terbaru mereka di tahun 2013 .....
AMPUNI AKU


Lagunya bisa di download disini ...

DOWNLOAD

SO, sekarang udah pada tahu kan siapa itu Shifter Band? ... Jadi intinya hargailah musik - musik lama , walaupun mungkin mereka tidak dikenal luas di masyarakat sekarang ini tapi kalian harus tahu kalau karya2 mereka masih tetap abadi dihati kami para penikmatnya.


Artikel ini udah ane post disini 


Untuk kelanjutan kasusnya ane ga tahu gan, mungkin karena ini menyangkut bukan band besar jadi ga terlalu heboh di media terutama televisi.

Tapi buat ane udah puas deh membantu band favorit ane buat mencari keadilannya karena hasil karyanya yang dibajak. Dan ane sempet berkomunikasi dengan beberapa personil Shifter terutama Bang Bodink dan Bang Agung dan mereka berterima kasih untuk artikel ane tersebut dan mereka juga jadi merasa dihargai sebagai musisi karena lagunya tetap selalu melekat dihati.







3 comments:

  1. ini band baru bodink vocalis shifter yang lama, bis di liat clipnya


    https://www.youtube.com/watch?v=7k5NOZX0fJM

    ReplyDelete
  2. 2018 baru Nemu ini , ga sengaja denger lagu shifter sewaktu nemenin istri belanja peralatan baby di pasar palsigunung langsung iseng search shifter. Teringat quote dari shifter "yang tersembunyi tapi nyata yang terluka endapan saja".

    ReplyDelete