Thursday 8 February 2018

Roll Royce Silver Ghost & Ford T Model Diecast, Super Klasik & Detail .. !!


Halo om & tan para diecaster, kali ini saya akan mereview salah satu koleksi saya yang super klasik. Kebetulan saya dapatkan item ini dari hasil mengikuti lelang online di Instagram. Dan karena saya suka yang klasik2 jadi saya mencoba mengikuti lelang tersebut dan hasilnya menang.

Mungkin biasanya diecaster itu bisa diklasifikasikan berdasarkan kategori pecinta nya, diantaranya yaitu pecinta VW, JDM ( Japanese Domestic Market ), Jeep dan pecinta American Muscle, selain itu juga ada yang pecinta mobil2 sport dan mobil klasik. Dan kebetulan saya adalah pecinta mobil2 klasik, selain sangat unik juga bisa banyak info yang didapat tentang beberapa mobil2 klasik tersebut.

Kali ini yang akan saya review adalah mobil Roll Royce Silver Ghost dan Ford Model T.



ROLL ROYCE SILVER GHOST


Ok yang pertama yang akan saya review adalah mobil klasik dari Roll Royce, yaitu Roll Royce Silver Ghost. Untuk mobil aslinya ini diproduksi dari tahun 1906 s/d 1926.





Mobil ini boleh dibilang merupakan mobil mewah pada jamannya. Dan untuk mobil diecastnya sendiri sudah banyak yang memproduksinya. Salah satu yang paling terkenal adalah Matchbox untuk seri Yesteyear yang diproduksi tahun 1968 / 1969 dan satu lagi dari merk Franklin Mint yang diproduksi tahun 1987, semuanya hampir barang yang rare pada saat sekarang ini.

Matchbox Yesteyear Roll Royce Silver Ghost Seri Pertama produksi 1968 / 1969


Boleh dibilang itu udah barang purbakala jadi bakalan susah nemuin nya hehehe, kalaupun nemu pasti harganya udah lumayan dan kebanyakan pasti harus nyarinya di luar negeri. Salah satunya bisa cek di situs jual beli Ebay.com.

Harga Matchbox Yesteyear di ebay.co.uk

Mungkin kalau di kurs ke rupiah ga begitu tinggi sekitar Rp.474.000 ( Kurs Rp. 19.000 / GBP ) tapi sebenarnya yang memberatkan adalah untuk biaya Shipping nya yang kadang bisa lebih mahal dari harga barang tersebut. 

Itu lah yang akhirnya membuat barang ini jatuhnya jadi mahal, dan mungkin bisa sampai 1 Juta lebih.

Kalau di Indonesia sendiri saya kurang begitu tahu apakah ada yang menjual Matchbox seri Yesteyear tersebut, mungkin di kalangan kolektor pasti lah ada yang memilikinya dan pastinya harganya akan selangit juga.

Untuk seri Matchbox Yesteyear Roll Royce Silver Ghost sendiri diproduksi tahun 1968 / 1969 sd 1984. Jadi pastinya kita hanya akan menemuinya ditangan2 kolektor dengan harga kolektor juga.

Selain Matchbox ada satu brand diecast yang ga kalah bagusnya untuk membuat seri diecast Roll Royce Silver Ghost ini, yaitu Franklin Mint, salah satu brand yang lumayan terkenal untuk item2 vintage car model.
Untuk seri Roll Royce Silver nya sendiri memang ukurannya jauh lebih besar dibanding dengan Matchbox yang hanya berukuran 1/64. Dan karena ukurannya yang sedikit besar yaitu 1/24 dan ada juga yang 1/12 sehingga secara detailing juga jauh lebih baik. Bahkan seperti yang saya lihat di iklan nya tahun 1987 di Youtube, ternyata bagian mesinnya bisa dibuka.






Ini beberapa detailing Franklin Mint Roll Royce Silver Ghost yang saya lansir dari situs www.diecast.org . Benar2 membuat decak kagum dengan detailingnya.

Detailing lampu dan bagian depan yang menawan

Kap mesinnya bisa dibuka, coba perhatikan detailing mesinnya juga terlihat

Wow detailing dashboardnya mantap jiwa


Untuk harganya sendiripun pasti jauh lebih mahal, itu bisa dicek di situs jual beli dan lelang ebay.com.
Harganya pun pasti mantap jiwa omm ...



Keren - keren kan om diecast untuk mobil yang memang aslinya juga keren ini.

FORD MODEL T




Satu lagi mobil klasik yang akan saya bahas model diecast nya, yaitu mobil Ford Model T. Untuk mobil aslinya sendiri diproduksi dari tahun 1908 s/d 1928.

Sementara untuk model diecastnya sendiri sangat banyak sekali, seperti mobil aslinya yang memiliki banyak bentuk, untuk diecastnya pun sangat banyak dan produsen nya pun beragam.

Salah satu yang bagus pasti adalah dari Franklin Mint, merk diecast yang ga diragukan lagi kualitasnya untuk model2 mobil klasik.


Selain Franklin Mint ada banyak sekali merk yang memproduksi diecast mobil ford T ini, ini beberapa yang menurut saya keren2 om .

Ford T merk Motormax


Ford T merk Minichamps

Ford T merk New Ray Toys
Ford T merk Whitebox
Dan ada juga yang merk IXO yang lumayan bagus pula



Nah setelah saya review beberapa merk2 luar negeri yang mungkin susah buat ditemuin di Indonesia, kali ini saya akan mereview koleksi pribadi saya yaitu berupa diecast Roll Royce Silver Ghost dan Ford Model T skala 1/43 , dan merk nya itu adalah C.I.L , merk diecast yang mungkin belum di dengar sebelumnya oleh para diecaster di Indonesia termasuk saya sendiri. Saya sudah mencoba mencari referensi nya di internet tapi tidak menemukan sama sekali informasi tentang merk C.I.L ini, justru kebanyakan saya menemukan produk ini dijual di Ebay, Aliexpress dan situs online shop luar negeri lainnya.





Seperti yang sudah saya ceritakan diawal tulisan ini , saya  mendapatkan barang ini dari hasil lelang online di Instagram, berhubung saya penyuka mobil2 super klasik seperti ini jadi saya benar2 tertarik sekali dengan diecast ini.

Untuk diecast yang saya miliki ini berukuran 1/43, walaupun tidak sedetail merk Franklin Mint tapi secara over all lumayan.

Beberapa bagian mungkin menggunakan bahan plastik dan banyak sekali bagian2 kecil yang rawan patah, jadi harus berhati2 saat memegang atau memajangnya. Dan jangan sampai dimainkan oleh anak kecil karena besar kemungkinan bisa banyak bagian yang patah dan rusak.

Berikut penampakan untuk C.I.L Roll Royce Silver Ghost dan Ford T yang saya miliki







Untuk lebih jelasnya bisa simak review saya di video dibawah ini ;




OK segitu aja sih om2 info yang saya tahu tentang mobil klasik ini, mungkin sebenarnya saya lebih tertarik dengan diecast2 skala 64 seperti Matchbox seri Yesteyear, tapi ya lumayan susah juga nyari di Indonesia, kalaupun ada di online shop harganya juga lumayan dan tidak terlalu lengkap.

Ya.. mungkin ada om2 yang mau berbagi cerita koleksi mobil klasiknya silahkan di share aja.

Terima kasih untuk om2 yang sudah nyasar mampir di tulisan ini, semoga mendapatkan sedikit informasi yang bermanfaat dari tulisan alakadarnya ini.

SALAM SATU HOBBY , SALAM DIECASTER
Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment