Monday 27 November 2017

Siapa Itu Generasi 90 an ? Apa Benar Mereka Adalah Generasi Emas ?



Beberapa waktu yang lalu heboh di Instagram salah seorang selebgram bernama Revina VT yang menghina Generasi 90 an. Mungkin ga menghina sih tapi lebih tepatnya mengkritisi. Gue sih udah liat videonya dan yang gue tangkap ci cewek yang lumayan cakep ini emang mungkin lagi gedeg aja ama istilah-istilah Generasi Emas.

Menurut Revina, Generasi Emas itu adalah generasi 90an. Generasi yang seringkali dianggap banyak kalangan adalah penghimpun dan penggerak perubahan.

Sedangkan generasi micin adalah generasi yang boleh dibilang disebut sebagai generasi zaman now. Generasi kekinian yang sering mengumbar apapun lewat media sosial. Tapi menurut Revina justru generasi micin sejatinya lebih unggul dalam segi apapun dibandingkan generasi emas, ini lah yang akhirnya membuat keriuhan warganet.

OK gue bakal membahas tentang apa benar Generasi 90 an itu Generasi Emas ??

Mungkin gue bakal menjabarkan terlebih dahulu apa dan siapa itu generasi 90 an ( menurut gue ) yaitu generasi yang tidak hanya lahir tapi juga besar dan merasakan tumbuh di era 90 an, yaitu era tahun 1990 sampai dengan 1999. Dan menurut gue sih ga semua yang lahir di antara 1990 s/d 1999 itu bisa disebut generasi 90 an. Karena generasi 90 an itu sebenarnya adalah generasi yang merasakan sendiri dan berkembang di era sebelum tahun 2000. Jadi untuk yang lahir di sekitar tahun 1997 s/d 1999 itu kurang pas jika disebut termasuk generasi 90 an. Kenapa gue bisa bilang gitu ? karena untuk yang lahir 1997 saja saat masuk ke tahun 2000 atau yang udah disebut jaman Milenium dia baru berumur 3 tahun, jadi kecil kemungkinan dia bisa mengingat apa yang terjadi dan ngetren pada saat itu. Apalagi yang lahir di tahun 1999 lebih - lebih ga tahu apa-apa mungkin.

Hmm.. tapi apa Generasi 90 an itu emang cuma dibatasi sampai tahun 1999 saja ?, ya itu pasti karena ketika tahun berganti menjadi tahun 2000 istilahnya akan berganti menjadi Generasi Milenium.

Kenangan Era 90 an Yang Salah Kaprah

Gue kadang agak sedikit bingung kalau banyak orang share tentang kehidupan era 90 an, tapi yang di share justru lebih banyak yang permainan, acara tv atau musik era 2000 an awal padahal itu sudah termasuk era Milenium.


Contohnya banyak yang share kalau permainan Tamiya dari serial anime Lets Go itu termasuk era 90 an, padahal tayang di RCTI itu tahun 2002, gue masih inget banget tuh pas gue kelas 1 STM dulu.
Kecuali kalau Tamiya era nya Yankuro mungkin itu masih termasuk era 90 an, selain itu juga ada yang share tentang Bay Blade, Crush Gear ... ah itu mah semua permainan yang diilhami dari acara tahun 2000 an awal.


Yankuro , Tamiya era 90 an

Contohnya gambar ini nih ...

Ini mah acara ditahun 2000 an bro, bukan tahun 90 an. Jadi kesannya pada maksain banget deh kalau semua yang bagus2 itu cuma ada di era 90 an.
Mungkin yang bikin itu generasi 90 an akhir yang lahir antara 1996 - 1999 mereka beranggapan kalau acara-acara masa kecil mereka itu masih era 90 an.

Gambaran Kehidupan Era 90 an



Sedikit menggambarkan apa yang dirasakan generasi 90 an itu mungkin generasi yang jauh dari gadget. Karena memang di era 90 an belum banyak gadget yang bisa dinikmati umum oleh semua anak-anak. Salah satunya mungkin console game seperti Game Watch, Nintendo dan Sega, itu hanya sedikit kalangan anak2 dari orang berduit saja yang punya.

Untuk komunikasi pun tidak seperti sekarang hampir semua lapisan masyarakat memiliki handphone atau smartphone, dulu mungkin sudah ada yang punya handphone tapi sangat jarang karena memang harganya yang mahal, apalagi kartu perdananya yang harganya mungkin jauh lebih mahal dari harga handphone nya. Dulu orang berkomunikasi biasanya lewat surat kalau ga ya pake telpon koin atau nelpon di wartel.

Selain handphone ada lagi Pager, yaitu alat yang bisa mengirimkan pesan yang mungkin mirip SMS pada jaman sekarang. Itu juga jarang yang punya, hanya orang2 dikota besar yang punya. Dan biasanya anak - anak gahool dijamannya itu akan bangga banget kalau udah punya pager, berasa paling keren deh ... hehe


Untuk musik, di era 90 an awal tren musiknya banyak dihiasi aliran slow rock dari Malaysia, memasuki pertengahan sampai akhir sebagian band2 Indonesia mulai muncul seperti Sheila On 7, Padi, Dewa dll nya. Dan sekitar 90 an akhir musik Indonesia juga mulai dibanjiri aliran boyband ,bukan dari korea loh tapi dari tanah Inggris ada Boyzone, Backstreet Boy sampai Westlife. Sementara di Indonesia banyak muncul boyband juga salah satunya seperti ME yang terkenal dengan singlenya Inikah Cinta. Dan semuanya didengerin masih berupa kaset pita, yang mungkin untuk masa sekarang udah jarang banget.

Sementara membicarakan permainan, anak - anak era 90 an sangat banyak sekali jenisnya, yang pasti mereka ga mager di kamar sambil pegang gadget. Anak-anak era 90 an kebanyakan main diluar ruangan seperti main layangan, kasti, petak umpet, main karet, congklak sampai main hujan-hujanan.



Dan untuk tontonan, di era 90 an mungkin tidak terlalu banyak pilihan dulu TV swasta mungkin hanya sedikit saja dan itu biasanya yang bisa menyaksikan pun orang yang punya parabola. Dulu yang pasti cuma ada TVRI ( satu2nya saluran TV hiburan masyarakat umum ) kemudian muncul RCTI, dan lalu di ikuti kemunculan TPI, SCTV dan Indosiar.



Membicarakan acara televisi era 90 an mungkin akan banyak sekali , salah satunya mungkin tayangan untuk anak - anak seperti Ksatria Baja Hitam, Power Ranger, Winspector, Jiban, Gavan dan banyak lagi.

Ini salah satunya yang mungkin agan-agan pernah ingat



Dulu kalau dikampung2 yang punya televisi sangat sedikit hanya orang2 kaya saja yang punya dan juga untuk menyalakannya biasanya ada yang masih pake aki. Jadi dulu kalau nonton tuh berasa kayak nonton konser deh , rame banget orang satu kampung nontonnya. Dan mungkin kalau sekarang gampang saja kalau ketinggalan episode bisa lihat di Youtube kalau dulu hmm nyeselnya minta ampun deh kalau ampe kelewat satu episode, apalagi kalau denger cerita dari temen2 yang nonton rasanya iri banget ... hehe. Kalau film kartun hari minggu wahh lengkap deh banyak banget dari pagi sampai siang.



Untuk film yang seru ada Si Doel Anak Sekolahan, Misteri Gunung Merapi, Pendekar Harum, Yoko dllnya, kalau malam ada serial Baywatch, Mc Giver, Knight Rider dan Renegade dan biasanya hari sabtu itu ada film vampir dan filmnya Boboho .. hehe dan kalau sore bisa nonton acara Cinema-Cinema di RCTI yang mengulas film2 baru di bioskop (walaupun ga pernah nonton di Bioskop tapi seneng aja nontonnya hehehe ).

Ya pokonya kalau membicarakan era 90 an atau masa kecil emang ga ada habisnya deh.

Gue sendiri lahir di era 80an, kecil di era 90 an dan tumbuh remaja di era 2000 an awal. Jadi gue tahu semua tentang hal2 yang terjadi di era 90 an sampai transisi menjadi era Milenium.

Ok balik lagi ke pembahasan apa benar generasi 90 an itu adalah generasi emas? , menurut gue bisa iya bisa juga tidak.

Tapi lebih tepatnya istilah generasi emas itu kurang tepat deh. Kenapa gue berpendapat seperti itu ? karena menurut gue generasi emas itu adalah generasi yang memang merasakan bagaimana nikmatnya bermain sebagai anak kecil dan juga generasi yang menjunjung tinggi nilai moral sehingga memberikan dampak positif untuk masyarakat. Apakah Generasi 90 an termasuk ? ya bisa jadi, tapi tidak semata - mata harus mengatakan kalau Generasi 90 an adalah generasi terbaik, dan bahkan generasi yang lebih baik dari generasi yang sekarang.

Bahkan mungkin yang mencap generasi sekarang sebagai generasi micin adalah ya para senior2 dari generasi 90 an ini. Dan bisa jadi yang menciptakan dan membuat generasi anak sekarang seperti ini ya para generasi 90 an ini.

Dan perlu diingat kenapa moral anak2 jaman sekarang itu tidak lebih baik dari jaman dahulu, sebagian orang berpendapat karena pengaruh dari orang tua, guru, lingkungan dan juga tontonan. Dan para generasi 90 an yang merasa berhak mengkritisi bagaimana bobroknya moral anak sekarang kebanyakan menyalahkan teknologi atau tontonan.

Padahal mereka tidak menyadari kalau mungkin orang tua, guru ataupun pencipta tontonan yang tidak mendidik dijaman sekarang adalah hasil karya dari para Generasi 90 an ini. Woww ... kalau dipikir benar juga kan? karena pastinya anak2 sekarang pastilah anak dari para orang tua yang mengaku sebagai generasi emas tersebut, dan juga untuk tontonan di TV itu juga pasti entah itu produser atau manager acaranya pastilah orang2 dari Generasi 90 an.

Lantas kenapa mereka menyalahkan anak2 mereka jika yang membuat anak2 mereka seperti sekarang ini adalah mereka juga.

Jadi, yang harusnya dipikirkan sekarang adalah bagaimana menjadi orang tua yang baik, orang tua yang pintar yang mampu mendidik selayaknya orang tua kita dulu para generasi tua yang mungkin dulu kita anggap kuno. Dan kalau memang merasa acara sekarang banyak yang alay dan ga mendidik ya untuk para generasi 90 an yang menganggap masa mereka adalah masa emas dan sekarang sudah menjadi produser atau manager acara2 di TV, ya suguhkan lah acara yang bagus selayaknya acara2 yang pernah kita tonton dulu. Dan para generasi 90 an yang sekarang sudah duduk di pemerintahan mungkin bisa kembali mencanangkan pelajaran2 wajib tentang moral seperti pelajaran PMP dulu di era 90 an.

Jadi STOP lah membully anak2 kita dengan sebutan generasi micin atau generasi jaman now. Toh mereka jadi seperti sekarang ya karena emang sudah jamannya, jaman serba digital dan segala informasi mudah didapat, jangan samakan dengan generasi kita yang cuma di takut2i dengan mitos2 pun akan percaya, kalau sekarang anak2 sudah pintar mencari informasinya sendiri.

Tugas kita adalah memberikan mereka arahan dan contoh yang baik seperti yang saya sebutkan di atas, mulai lah dari apa yang kita inginkan lalu kemudian kita terapkan ke anak2 kita.






1 comment:

  1. Mantap gan, klo bisa dibikin video biar sreg tuh orang2 pembully. Generasi emas kok membully? Katany attitude baik.

    Keren gan tulisanny

    ReplyDelete