Thursday 24 March 2016

Oppo Launcher Telah Berhenti, Ini Penyebabnya !!



Lagi-lagi ane mau berbagi pengalaman tentang hape ane Oppo Yoyo yang dari kemaren selalu bermasalah. Ga tau kenapa selalu ada aja masalahnya mulai dari terkena virus, bootloop sampai yang terakhir itu tiba2 sering muncul pemberitahuan " Oppo Launcher Telah Berhenti ", yang mengakibatkan ane ga bisa masuk ke menu.
Dan biasanya awal mula gejalanya itu banyak aplikasi bawaan seperti Youtube,  Google Playstore sampai Galeri ataupun Pengaturan yang ga bisa di akses ataupun tiba2 berhenti. \

                                                      https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgpm7CJuA8xOlpM28psdA9GGf8E8gM7awiI7quEgu9dIBfdHZB6bAdudAhyphenhypheny5exvkWKfAMsO9SZXWgHjR61b6sNyL7D0gpY8JYLhNAx7CnEq4tPguBskRMDSVRtCzyWxsjfGUO93jUx7Gq7/s1600/

PENYEBAB


Sebelum ane memutuskan untuk memperbaiki Hape kesayangan ane ini, ane terlebih dahulu searching mengenai sebab musabab kenapa hape Oppo ane bisa muncul tulisan "Oppo Launcher Telah Berhenti " dan kebanyakan di forum2 internet mengatakan sebabnya adalah
adanya kerusakan software nya, dan kemungkinan besar terjadi karena menggunakan memory telepon yang berlebihan sehingga mengakibatkan memory penuh. Itu bisa terjadi saat kita hoby menginstal aplikasi2 yang mana memakan banyak memory di memory internal telepon.



Dan biasanya jika sudah hampir penuh akan muncul pemberitahuan di bilah status/ bar status berupa gambar disk yang penuh.  Dan biasanya kita tidak bisa lagi menginstal aplikasi yang kita inginkan karena memory memang hampir penuh atau tidak mencukupi. Biasanya selama hape masih bisa digunakan kita akan membiarkannya dengan pemikiran nanti pemberitahuan itu akan hilang dengan sendirinya jika kita menghapus beberapa data dari beberapa aplikasi yang kita instal.

Tapi jika hal tersebut dibiarkan terlalu lama nanti bisa mengakibatkan akan ada system yang corupt atau hilang dan akhirnya mempengaruhi kinerja software atau system sehingga akan ada beberapa system seperti Oppo Launcher yang tidak bisa beroperasi dan mengakibatkan kita tidak bisa membuka menu.

Jadi cara menanggulangi agar tidak terjadi semacam itu adalah kita harus minimal memberikan ruang kosong atau bebas sekitar 40 % dari total memory internal sehingga tidak mengakibatkan terjadi kepenuhan data. 

CARA MENGATASI

Sebenarnya ada beberapa cara mengatasi cara jika kita mengalami system atau aplikasi yang tiba2 berhenti atau force close yaitu menghapus cache di pengaturan aplikasinya. Sebagai contoh jika tiba2 Aplikasi Google Play Store agan ga bisa dibuka , agan bisa masuk ke Pengaturan lalu cari Kelola Aplikasi terus kemudian cari Google Play Store dan kemudian hapus cache dan juga hapus aplikasi , tenang jika dihapus pun aplikasi ini tidak akan hilang hanya dia akan kembali ke setingan pabrik , jadi dibaratkan Google Play agan akan kembali ke tampilan awal sebelum di update. 

Dan ini juga bisa saja dilakukan jika Oppo Launcher agan berhenti, tapi biasanya jika Oppo Launcher agan udah berhenti agan tidak akan bisa masuk ke menu, boro2 bisa klik Pengaturan ke Menu saja agan ga bisa.

Dan cara pertama bisa dengan cara kembali ke setelan pabrik, berhubung agan ga bisa buka Pengaturan / Seting agan bisa menggunakannya dengan cara manual yaitu tekan tombol Power dan Volume Down secara bersamaan saat akan menghidupkan hape Oppo agan, lalu disitu akan dipandu memilih bahasa, lalu pilih bahasa Inggris / English , kemudian Wipe data & Cache, lalu tekan Reboot .. Hape agan akan kembali seperti semula seperti baru lagi.

Tapi  jika dengan cara tersebut ga berhasil juga dan tetap muncul tulisan Oppo Launcher Telah Berhenti, cara terakhir adalah flash Hape atau menginstal ulang. 

Sebenarnya caranya hampir sama seperti saat kita akan menstel ke stelan pabrik tapi terlebih dahulu kita download firmware nya, itu bisa disearch di google saja banyak yang menshare. JIka sudah punya firmware nya agan tinggal setel Hape agan ke Setelan Pabrik seperti yang ane utaran di atas , dan saat di Recovery Mode agan tinggal klik Instal From SD Card lalu pilih Firmware yang tadi agan download, lalu klik reboot. Biasanya jika benar firmwarenya itu akan bekerja dan hape agan akan pulih seperti sediakala.

Tapi biasanya yang terjadi banyak firmware2 yang udah ga bisa lagi di isntal yang akhirnya mengakibatkan lebih parah lagi yaitu Bootloop alias mati total dan akan berhenti di Logo Oppo saja saat Recovery Mode.

Jika itu terjadi lebih baik agan bawa saja ke Service Center Oppo terdekat, untuk masalah Software biayanya GRATIS . Jika ada penggantian suku cadang atau Hardware apabila hape Oppo agan masih garansi juga dijamin GRATIS, yang penting saat kesana jangan lupa bawa kartu garansinya.


OK deh segitu aja ane berbagi pengalaman tentang hape Oppo ane yang rewel. Semoga bisa menambah pencerahan buat agan2 semua .


25 comments:

  1. makasih gan infonya :)


    [App Android]-Misi Min ,
    Pastinya tidak akan asyik , jika sobat lagi seru - serunya ngobrol di malam hari tiba² "tit" putus karena pulsa sudah habis. Ingin keluar beli voucher , outlet pulsa sudah tutup. So , ini solusi yang tepat : App Android Isi Pulsa yang bisa sobat pergunakan setiap saat kapan dan dimanapun sobat berada. Download sekarang di PlayStore : https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cendana2000.serbabayarmobile

    ReplyDelete
  2. gan kalau misalnya udah gue instal ddan hp oppo gue udah kembali kesttingan pabrik tapi ttop menunya kagak bisa itu kenapa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemungkinan softwarenya ada yang corupt tuh jadi mesti di instal ulang / flash

      Delete
    2. Seharusnya jangan di kembalikan k setelan pabrik,,cukup tekan ganti partisi,semua masalah anda pasti teratasi

      Delete
  3. berapa lama ni kalau pengaturan stelan pabriknya selesai, kok cuma mereknya aja yg nongol terus -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau yang nongol logo aja dalam waktu lama berarti hape agan bootloop, mending di instal ulang aja gan

      Delete
    2. Cara instal ulang nya gimana gan?

      Delete
    3. Cara instal ulang nya gimana gan?

      Delete
  4. Thank you gan sangat membantu

    ReplyDelete
  5. Thank you gan sangat membantu

    ReplyDelete
  6. permisi min hp sy oppo yoyo,, sring bagt ada msalh tdk cukup ruang misalnya,, dan sering muncul aplikasi berhenti,, nah sekarang oppo launcher telah berhenti dan ga bisa di apa2in kecuali buka bbm, itu pun tdk bs dibuka dr aplikasi krn pemberitahuan launcher telah berhenti sll muncul tak ada jeda ,, jd apa yg harus dlakukan min.. sudh berkali2 restart ttp aja muncul "maaf oppo launcher telah berhenti" . mohon dbantu min..
    trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk masalah tersebut seperti yang saya bahas disini, biasanya awalnya itu karena memory internalnya tidak memadai sehingga jadi penuh dan mungkin terlalu lama dibiarkan terjadi seperti itu sehingga berakibat adanya file yang corupt atau hilang, jadi saran saya lebih baik di flash ulang saja mba, kalau bisa ke customer servicenya karena untuk service software itu GRATIS ..

      Delete
  7. permisi mau tanya. kalau men-disable beberapa bahkan banyak apps bawaan itu salah satu penyebab masalah bootloop dsb bukan? terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau itu dilakukan dengan cara rooting bisa jadi itu bisa menyebabkan bootloop

      Delete
  8. Gan tolong kirim alamat firmware yang bagus dong,hp ane perlu di flash takutnya malah tambah bermasalah

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba aja disini gan http://www.pahamandroid.com/2015/03/download-firmware-dan-flash-oppo-r1001.html, tapi kalau ga yakin mending bawa aja ke service center gan, kalau software itu biasanya gratis

      Delete
  9. instalansi failed -_-
    gimana ini ?

    ReplyDelete
  10. Gan minta bantuan lah
    Gimana cara download firmware, kalau masuk menu tidak bisa.

    ReplyDelete
  11. Min Minta Bantuan. Kenapa ya Ada Notice "Com.oppo.Gestureguild.custom telah berhenti" Terus-terusan :(. Bantuannya Dong...

    ReplyDelete
  12. Baru 2 hari beli oppo f3 plus dual selfie.. skrg udh mati total.. yg tiba2 ngrestart sndiri.. dan suka nghank.. duuh.. jadi nyesel beli hp udah mahal tp productnya ga bagus.. msh mending pake samsung J5 😭

    ReplyDelete
  13. Beli Oppo f3 kadang suka nggembret suara speaker luarnya,duuh... Mending r7sf gan lancar ampe hampir 2 thn. Makin baru makin gini sich. SCnya mbulet lagi,,napa ya oppo?

    ReplyDelete
  14. Tau gitu mending ngambil a5 2017 kali...

    ReplyDelete