Monday 15 January 2018

Serunya Koleksi Diecast Skala 64, Mainan Para Om-Om Yang Menolak Tua



Bicara tentang Diecast mungkin masih banyak orang yang ga terlalu tahu tentang istilah tersebut, sebenarnya bahasa gampangnya diecast itu adalah mainan yang terbuat dari logam dan plastik. Salah satu contoh Diecast yang banyak orang tahu adalah merk Hot Wheels , karena mungkin mainan ini banyak terlihat di Alfamart, Indo Maret ataupun mall2 besar lainnya.

Dan ternyata penikmat mainan diecast ini ga melulu anak kecil, bahkan sebenarnya justru mainan diecast ini adalah mainannya para om - om yang menolak tua hehe...
Dan kebetulan baru sebulan ini saya ketularan virus diecast ini, mungkin kalau dulu cuma nyimak doang dan seringnya cuma liat-liat doang. Kalau disuruh beli atau bahkan mengoleksi mikir-mikir dulu deh.

Tapi setelah lahirnya si jabang bayi anak saya yang pertama, dan kebetulan cowok, saya malah jadi suka dengan mainan ini yang sebenarnya awalnya itu saya pernah nazar kalau anak saya cowok saya akan beliin Hot Wheels .. hehe akhirnya anak saya beneran cowok dan saya harus memenuhi nazar tersebut. Tapi lama-lama akhirnya ternyata main diecast ini bikin nagih.





Dan di dunia Diecast terutama diecast car itu ada banyak kategori skalanya, ada yang 1:18, 1:32, 1:55, 1:64 dll . Dan yang paling banyak peminatnya itu adalah diecast skala 64.



Di skala 64 pemainnya atau merk2 yang terkenal itu sudah pasti semua orang tahu yaitu Hot Wheels, kemudian ada Majorette, Maisto, RMZ City, Welly, Johny Lightning, Tomica dan masih banyak lagi.
Dan yang paling banyak peminatnya itu pastinya Hot Wheels, karena memang HW ini adalah pemain lama di dunia diecast skala 64. Hampir tiap tahun mereka memproduksi ratusan series2 mainan terbaru. Dan serunya mengoleksi HW adalah keseruan untuk mendapatkan beberapa item langka yang disebut istilahnya yaitu Treasure Hunt.



Dan Treasure Hunt sendiri dibagi menjadi 2 yaitu THR ( Treasure Hunt Reguler ) dan TH$ ( Treasure Hunt Super / Super Treasure Hunt ). THR itu salah satu item langka yang biasanya jumlahnya ga terlalu banyak dibanding item Reguler lainnya dan TH$ juga sama tapi kalau TH$ itu jauh lebih sedikit dan susah di dapat dibanding THR, karena biasanya TH$ memiliki spesifikasi yang lebih bagus dibanding THR, seperti penggunaan ban karet ataupun cat yang berbeda. Dan biasanya TH$ itu ditandai adanya logo di blister / wadah HW yang tertutup mobil berupa logo api berwarna emas dan dibodynya terdapat tulisan TH. Dan harga TH$ sendiri kalau udah jatuh ke tangan kolektor bisa puluhan kali lipat jadinya.

Logo Treasure Hunt Regular
Logo $uper Treasure Hunt
Salah Satu Contoh TH$
Untuk saat ini harga diecast skala 64 masih tergolong terjangkau yaitu sekitar 25-30 ribuan untuk beberapa item regular, tapi untuk item Premium biasanya bisa sekitar 70-120 ribuan. Tapi biasanya kalau ada item yang sedang banyak dicari harga di kolektor ataupun kolekdol akan jauh lebih tinggi.
Hmm..  Keuntungan yang didapat saat mengoleksi diecast mungkin bukan hanya sekedar kepuasan memiliki atau mengumpulkannya tapi kita banyak belajar salah satunya yaitu belajar tentang Photography dan kreatifitas dalam membuat diorama, kemudian kita bisa banyak tahu tentang jenis2 mobil dan juga bisa belajar tentang bisnis.

Keseruan belajar memotret Diecast


Yups mainan ini memang ga melulu untuk dimainkan tapi juga bisa dibuat ladang bisnis,  banyak sekali penjual2 diecast di toko online maupun di sosmed, tidak hanya berjual beli diecast saja tapi juga berjualan pernak pernik dan aksesoris diecast seperti diorama, decall, ban karet atau juga protektor blister.



Selain itu jika kita bisa mengetahui banyak item2 yg langka itu bisa menjadi investasi yang bagus. Karena biasanya untuk item2 langka dan yang sudah tidak beredar di pasaran harganya akan berpuluh2 kali lipat nantinya.

Tapi terlepas dari itu sebenarnya yang paling penting adalah mainan ini bisa menjadi ajang silaturahmi para Pecinta Diecast yang kebetulan kebanyakan emang para om-om. Diecast menjadi pengobat kepenatan dalam menjalani rutinitas.

Jadi, sebenarnya Diecast itu bukan sekedar mainan, tapi diecast juga bisa memberikan banyak keuntungan untuk para pecintanya.

So keep hunting dan semoga bisa dapat TH$ yaa... SALAM DIECASTER

Untuk yang pengen tahu lebih banyak tentang dunia Diecast bisa cek situs2 nya disini


1. Untuk yang pengen tahu update item2 yang sedang hot dan bocoran2 seri terbaru dari beberapa merk diecast bisa langsung cek disini ; http://www.diecast-indonesia.com/

2. Untuk Pecinta Diecast Skala 64 dan ingin bergabung dan mendapatkan ID nomor anggotanya, juga bisa mengikuti beberapa event2 seru dengan hadiah yang juga keren2, bisa cek disini ; http://pds64.com , kalian juga harus gabung di FP Facebook mereka di Pecinta Diecast Skala 64-PDS64.com

3. Untuk kalian yang ingin tahu keseruan dan info-info dari para Hunter Diecast Gantungan bisa juga gabung FP Facebook nya di sini Pecinta Diecast Gantungan , Kalian juga bisa Follow Instagramnya di @pecintadiecastgantungan dan bisa saling berbagi keseruan hunting dengan hastag #pecintadicastgantungan.


Untuk teman yang mau membuat list daftar koleksi diecastnya lebih rapi di Smarphone juga bisa menggunakan aplikasi Toys Car Collector , aplikasi ini bisa download aplikasinya di Google Play , tapi untuk aplikasi ini itu berbayar, atau kalau mau yang gratisan juga bisa Download DISINI.



Dan untuk teman2 yang mau main games yang berhubungan dengan diecast yaitu terutama Hotwheels , bisa juga memainkan game nya , yaitu game Race Off dan bisa download di Google Play




OK segitu aja infonya yang saya tahu tentang dunia diecast, maklum masih Newbie jadi mungkin masih banyak info2 yang salah ataupun kurang.

So, semoga info yang saya berikan bisa membantu teman2 yang sedang memulai hobby diecast.

Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment