Sunday 22 November 2015

Dibikin Gedeg Sama Virus Yang Instal Aplikasi Sendiri di Android



Udah beberapa hari ini ane lagi bingung ama hape ane OPPO Yoyo R2001 ga tau kenapa jadi sering download aplikasi gaje sendiri. Dan yang paling gedeg itu sering muncul iklan2 dan pop up yang kalau kita klik otomatis langsung ngedownload tuh aplikasi. Karena seringnya muncul aplikasi2 gaje gitu hape ane jadi gampang lowbat dan parahnya lagi paketan kuota ane langsung ludes kesedot gara2 ngedownloadin aplikasi2 gaje itu.

Dan ane pun berpikir jangan2 ini karena ada virusnya karena mungkin ane pernah instal aplikasi yang gaje jga, tapi setahu ane, ane ga pernah instal2 aplikasi diluar Google Play, dan karena udah gedeg ane coba aja reset ke setelan pabrik dan berharap tuh virus aplikasi dan iklan2nya bakal musnah.

Tapi yang terjadi malah sama saja, aplikasi2 gaje yang sebelumnya ane uninstal  eh pada muncul lagi, dan ane cek di setelan aplikasi disitu ada sejenis file aplikasi yang tulisannya porno , what?? file apaan ini ane mau uninstal ga bisa paling cuma bisa ane disable atau force stop. Tapi itupun ga ngaruh apa2 .


Akhirnya karena bingung mau gimana ane coba search di google kali2 aja ada yang bisa bantu, dan ternyata banyak juga yang ngalamin kayak gitu dan banyak juga yang ngasih solusinya seperti contohnya untuk menstop aplikasi Search Aplication Provider. Dan ane pun mencoba melakukannya, dalam beberapa jam OK lah hape ane mulai diem tuh ga nginstalin aplikasi2 gaje lagi, wah mungkin sedikit berhasil nih . Tapi kayak iklan2 itu masih tetap muncul aja nih dan bikin nganggu juga, kadang kita lagi mau bbm an atau main games tiba2 muncul tuh iklan dan mesti di klik tanda silangnya buat ngilanginnya, kalau kita klik gambarnya biasanya langsung otomatis nginstal tuh aplikasi gaje lagi. Hmm kayaknya cara untuk menstop Search Aplication Provider ga berpengaruh besar, dan ternyata itu juga bertahan cuma beberapa saat lalu kembali seperti semula iklan bertebaran menyedot baterai dan kuota kita.


Dan satu lagi biasanya di layar hape ane bakalan muncul tuh gambar kado , pertama sih ane penasaran coba2 klik, eh nyatanya ternyata itu sejenis iklan juga yang lagi2 bikin tekor kuota karena langsung instal aplikasi gaje lagi.

Waduuuh ane puyeng deh, masa iya nih kuota abis ama virus iklan2 gaje kaya gini. Akhirnya ane cari2 cara di google buat instal ulang / flash sendiri dan instal ulang firmware nya yang dah ane download disalah satu blog, yang ukurannya lumayan hampir setengah GB. Tapi untung dikantor ada wifi jadi ane ga tekor banyak lah buat downloadnya.


Tapi sebelum ane melakukan itu ane coba baca2 dulu nih komen2 para netixen yang udah pada nyoba instal sendiri dengan firmware download an dari blog itu, dan nyatanya malah bikin ane ciut nyali nya. Secara ane sebenarnya ga paham2 amat ama instal2 ulang kayak gini, secara dulu waktu ane masih pake Samsung ane pernah nyoba ngeroot dan rencana mau upgrade OS eh ujung2nya malah Bootloop. Dan dikolom komen2 tersebut ternyata kebanyakan pada gagal dan malah Bootlopp, walaupun ada juga yang berhasil tapi bikin ane ciut nyalinya dan mengurungkan niat buat instal ulang sendiri. Karena ane udah trauma ama Bootloop dulu yang bikin ane ga bisa tidur seharian karena hape kesayangan mati total yang akhirnya harus ane bawa ke tempat service dan mesti ngeluarin kocek 125 ribu. Makanya untuk kali ini ane ga mau hal itu terulang kembali.

Dan akhirnya cara terkakhir satu2nya yaitu cari tempat service, karena kebetulan ane posisi di Tangerang jadi banyak deh tempat2 service2 hape kayak gitu salah satunya kaya di E Center Lippo Karawaci. Dan itu lumayan deket dari tempat ngontrak ane. Tapi ane pikir2 waduh sayang juga ntar bakal ngeluarin kocek minimal 100 an lah, jadi ane putuskan buat nyari Oppo Service Centre dulu di Tangerang dan berharap ga bakal ngeluarin kocek banyak.


Akhirnya setelah ane search di Google nemu juga tuh Service Centre nya dan untungnya buka setiap hari jadi ane hari minggu bisa kesana. Dan setelah ane ngobrol2 ama petugas service nya disitu ternyata udah banyak yang ngeluh dan punya masalah kaya ane, dan kata dia itu diakibatkan dari Browser internet selain Google Chrome, kebanyakan sih karena dari *C Web masalahnya, ga tahu deh kalau browser lainnya. Kata petugasnya di *C Web banyak situs download ( entah itu lagu,video dll ) yang banyak virusnya ga di saring, beda dengan Google Chrome bawaan dari HP yang udah ada penyaringnya. Dan disaranin kalau buka browser itu pake browser bawaan aja jangan yang lain.

Ya buat pelajaran aja deh, kalau bisa jangan download2 lagu dll di situs2 ga jelas deh yang berakibat file yang di download ada virusnya dan akhirnya masuk ke system HP kita dan akhirnya bisa mengakibatkan seperti yang ane alami.

So, setelah nunggu satu jam akhirnya HP ane kelar dan bisa normal kembali dan juga ternyata ga ada biaya nya alias gratis. Yah lumayan deh daripada mesti ke tempat service di konter2 , minimal mesti keluarin duit 100 ribu.

Akhir cerita begitulah pengalaman ane tentang HP ane yang bermasalah dengan virus iklan sialan itu, yang mengakibatkan kuota internet ane ludes.

Untuk kedepannya ane sekarang mulai hati2 deh buat download2 di internet, apalagi kalau pakai *C Web.

1 comment:

  1. terima kasih atas infonya.
    android saya juga sekarang sama lagi suka ngedowload + instal applikasi gk jelas.dan belum nemuin solusinya

    ReplyDelete